5 Cara Agar Tidak Terlihat Aktif di WhatsApp, Solusi Jika Tidak Ingin Terganggu Pesan WA

Saat waktu istirahat atau hari libur tiba, banyak orang ingin menikmati waktu santainya tanpa terganggu notifikasi WhatsApp. Hal itu bisa dilakukan dengan  melakukan cara agar tidak terlihat aktif di WhatsApp. Untuk itu, berikut di bawah ini akan dijelaskan cara untuk tetap offline di WhatsApp tanpa terlihat aktif.

1. Non Aktifkan Fitur Last Seen

WhatsApp menyediakan fitur last seen yang menampilkan waktu terakhir kali pengguna membuka aplikasi. Melalui fitur ini, kontak di WhatsApp dapat mengetahui kapan pemilik nomor terakhir kali online. Jika waktunya menunjukkan baru beberapa saat yang lalu, maka pengguna tersebut akan dianggap masih aktif di WhatsApp.

Nah apabila pengguna ingin agar tidak terlihat aktif di WA tapi masih bisa tetap online, ada opsi untuk menonaktifkan fitur last seen. Di menu pengaturan privasi, terdapat pilihan untuk mengatur status last seen. Jika opsi ini dinonaktifkan, kontak di WhatsApp tidak akan bisa mengetahui kapan terakhir kali pengguna membuka aplikasi tersebut.

2. Non Aktifkan Centang Biru

Pada settingan default WhatsApp. pengguna dimungkinkan untuk mengetahui status baca pesan yang mereka kirim. Pesan yang belum dibaca ditandai dengan centang abu-abu, sementara yang sudah dibaca ditandai dengan centang biru di ruang obrolan.

Tersedia pilihan bagi pengguna untuk menonaktifkan fitur ini, sehingga pengirim pesan tidak akan dapat mengetahui apakah pengguna telah membaca pesan dan sedang aktif atau tidak. Dengan demikian, pengguna bisa membalas pesan kapan saja sesuai dengan kesempatannya.

3. Balas Pesan Melalui Panel Notifikasi

Cara agar tidak terlihat aktif di WhatsApp selanjutnya adalah ketika ada pesan masuk, jangan dibalas melalui room chat. Namun balaslah melalui panel notifikasi yang muncul setiap kali ada pesan WA yang masuk. Sebagian besar ponsel pintar telah dilengkapi dengan fitur ini, yang memungkinkan pengguna untuk membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi dan tanpa terlihat aktif.

Ada pesan WhatsApp yang memiliki prioritas tinggi, seperti yang berasal dari keluarga atau sahabat dekat. Meskipun sedang dalam masa istirahat atau liburan, penting untuk tetap merespons pesan dari mereka untuk memberikan kabar terbaru atau sekadar menjalin komunikasi.

4. Menyembunyikan Status Online

WhatsApp juga memiliki fitur yang sangat berguna yaitu status online. Fitur ini memungkinkan kontak WhatsApp untuk melihat apakah seseorang sedang aktif atau tidak. Ketika status online aktif, itu menunjukkan bahwa aplikasi WhatsApp sedang terbuka dan digunakan.

Namun akhir-akhir ini, WhatsApp telah memberikan opsi kepada pengguna untuk menonaktifkan status online mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjaga privasi mereka dan menghindari gangguan dari pesan-pesan tidak mendesak, sehingga mereka dapat fokus hanya membalas pesan yang memang penting dan prioritas.

5. Non Aktifkan Background Data

Ketika menggunakan WhatsApp dengan data seluler, pengguna dapat mengatur penggunaan background data. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol aplikasi mana yang diizinkan untuk mengakses data seluler di latar belakang.

Untuk menjaga agar terlihat tidak aktif di WhatsApp, pengguna dapat mematikan akses background data secara khusus untuk aplikasi WhatsApp.

Dengan cara ini, aplikasi WhatsApp tidak akan mendapatkan akses data saat tidak digunakan, meskipun perlu diingat bahwa hal ini juga akan menghentikan notifikasi masuk untuk pesan apa pun.

Demikian penjelasan serta uraian mengenai cara agar tidak terlihat aktif di WhatsApp. DIsarankan untuk menggunakan cara-cara tersebut dengan bijak dan jangan disalah gunakan.