6 Cara Mengatasi Jaringan Internet Lemot di Android, Solusi Agar Internet Lancar

Mengatasi jaringan internet yang lemot di perangkat Android bisa dilakukan dengan mudah, terutama ketika sangat bergantung pada koneksi yang cepat untuk bekerja, belajar, atau hiburan. Ada beberapa cara mengatasi jaringan internet lemot di android ini.

Banyak yang belum paham mengenai cara untuk mengatasi jaringan internet ini. Terutama pada ponsel android. Oleh karena itu pada uraian ini akan dibahas secara detail.

1. Hindari Penggunaan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Cara mengatasi jaringan internet lemot di android yang pertama tentu hindari penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan. Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dapat sangat membebani kinerja ponsel pengguna.

Ketika banyak aplikasi berjalan di latar belakang, sumber daya seperti RAM dan CPU akan terbagi-bagi untuk mendukung semua aplikasi tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kinerja perangkat secara keseluruhan, termasuk kecepatan dalam mengakses Internet.

Misalnya, jika pengguna membuka aplikasi media sosial, aplikasi streaming musik, dan beberapa aplikasi lainnya sekaligus, perangkat pengguna mungkin akan menjadi lambat dan sulit untuk digunakan. Hal ini terjadi karena sistem harus bekerja lebih keras untuk mengelola semua aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

2. Matikan VPN

VPN atau Virtual Private Network sering digunakan untuk meningkatkan keamanan dan privasi saat berselancar di Internet. Namun, penggunaan VPN juga dapat mempengaruhi kecepatan koneksi Internet pengguna.

VPN bekerja dengan mengarahkan lalu lintas Internet pengguna melalui server yang berbeda, yang dapat berada di lokasi yang jauh dari pengguna. Proses ini bisa menambah latensi dan mengurangi kecepatan koneksi.

Jika pengguna mengalami masalah dengan koneksi Internet yang lambat, salah satu langkah yang dapat pengguna coba adalah mematikan VPN.

Dengan menonaktifkan VPN, lalu lintas Internet pengguna akan langsung menuju ke server tujuan tanpa perlu melalui perantara, yang bisa meningkatkan kecepatan koneksi pengguna. Namun, pastikan untuk menyalakan kembali VPN ketika pengguna membutuhkan keamanan tambahan saat mengakses Internet

3. Cek Pengaturan DNS

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menerjemahkan nama domain yang pengguna ketik di browser menjadi alamat IP yang dapat dibaca oleh komputer. Kadang-kadang, mengubah pengaturan DNS pada ponsel pengguna bisa membantu mempercepat koneksi Internet.

Namun, jika pengaturan DNS yang digunakan tidak sesuai atau kurang optimal, hal ini justru bisa memperlambat koneksi.

Untuk memastikan pengguna mendapatkan kecepatan terbaik, cobalah menggunakan pengaturan DNS default atau pengaturan DNS yang direkomendasikan oleh penyedia layanan Internet pengguna. pengguna bisa memeriksa dan mengubah pengaturan DNS melalui menu pengaturan jaringan pada ponsel pengguna

4. Hapus Cache dan Data Browser

Cache adalah penyimpanan sementara untuk file-file yang sering diakses oleh browser pengguna, seperti gambar dan halaman web. Data browser yang terakumulasi dari waktu ke waktu bisa menjadi sangat besar dan membebani kinerja browser pengguna.

Cache yang penuh bisa memperlambat browser dan membuat pengalaman berselancar menjadi tidak lancar.

Secara berkala, membersihkan cache dan data browser bisa membantu meningkatkan kinerja koneksi Internet pengguna. Dengan menghapus cache, browser pengguna akan memulai ulang dengan penyimpanan yang bersih, yang bisa mempercepat proses pemuatan halaman web

5. Gunakan Tampilan Smartphone Ketika Browsing

Beberapa situs sudah memiliki sistem otomatis yang menyesuaikan tampilan dan kecepatan internet dengan perangkat yang digunakan.

Namun, ada beberapa situs yang masih default menggunakan tampilan desktop. Selain menghabiskan lebih banyak data, ini juga membuat koneksi internet bekerja lebih keras, sehingga terasa lambat dan tidak responsif. Oleh karena itu, ubah pengaturan default ke mode mobile agar lebih cepat dan hemat data.

6. Matikan Tethering Jika Tidak Digunakan

Sering kali, setelah menggunakan tethering untuk berbagi koneksi internet, banyak orang lupa mematikannya, sehingga perangkat lain tetap terhubung. Hal ini bisa membagi kapasitas koneksi internet dan membuat koneksi kita menjadi lebih lambat.

Oleh karena itu, pastikan untuk mematikan fitur tethering setelah digunakan. Ini sebenarnya sangat sederhana, hanya perlu menekan satu tombol pada menu yang tersedia, namun seringkali terlupakan.

Itulah penjelasan sekilas mengenai cara mengatasi jaringan internet lemot di android. Pada pembahasan di atas tadi terdapat lima cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat jaringan internet yang lemot pada android.