Cara Mengganti Background Foto di Picsart Serta Tipsnya

Mengganti latar belakang ialah jurus pintar dalam memperbaiki tampilan gambar, sebab dengan itu, gambar yang biasa akan menjadi lebih menarik. Mengetahui cara mengganti background foto di picsart adalah jawaban simpelnya.

Hanya dengan memanfaatkan beberapa fitur di Picsart, latar belakang sebuah foto bisa berubah dengan cepat. Bagaimana caranya? Mari langsung saja simak uraian berikut.

Apa Itu Picsart?

Picsart, sebuah aplikasi untuk mengedit foto dan video, telah meluncurkan dirinya resmi pada bulan November 2011. Hingga saat ini, aplikasi ini telah mencatat lebih dari 500 juta unduhan, menjadikannya salah satu yang paling populer di kategorinya. Yang menarik, aplikasi ini tersedia secara gratis untuk siapapun yang ingin menggunakannya.

Namun, di balik versi gratisnya, Picsart juga menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat diakses dengan berlangganan. Pengguna diberi kesempatan untuk mencoba fitur berbayar selama 7 hari sebelum memutuskan untuk berlangganan. Meski begitu, fitur gratis yang disediakan tetap menarik dan mengagumkan.

Fitur edit foto meliputi berbagai efek, kuas, stiker, kemampuan untuk mempercantik, menambahkan teks, gambar, dan 16 alat lainnya yang siap digunakan. Sementara itu, untuk pengeditan video, pengguna dapat menikmati fitur musik, pemotongan, penambahan gambar, efek visual, penyesuaian, stiker, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur unggulan Picsart adalah kemampuannya untuk dengan mudah mengganti latar belakang foto. Tertarik untuk mencobanya? Mari simak panduan selanjutnya.

Cara Mengganti Background Foto

Memang terdapat beragam teknik yang dapat dijadikan pilihan dalam mengubah latar belakang pada sebuah gambar, baik itu melalui aplikasi maupun situs web. Akan tetapi, pada kesempatan ini, maka akan mengulas cara mengganti background foto di picsart, karena kepraktisannya dan kemampuannya untuk dilakukan dengan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, unduh dan pasang aplikasi Picsart di perangkat pengguna.
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan ketuk ikon tambah, lalu pilih gambar yang ingin pengguna gunakan sebagai latar belakang.
  • Klik Tambah Gambar untuk menyisipkan gambar yang akan menjadi latar belakang baru.
  • Setelah selesai, sesuaikan ukuran dan posisi gambar dengan menggerakkan dan menyesuaikannya. Jika sudah, tekan ikon centang di sudut atas untuk menyimpan perubahan.
  • Lanjutkan dengan menggunakan fitur pemotongan yang terletak di ikon gunting.
  • Selanjutnya, seleksi gambar dengan mengusap pinggirannya. Ketelitian tidak terlalu diperlukan pada tahap ini, karena masih akan ada proses perapian lebih lanjut.
  • Setelah selesai, klik ikon panah untuk melanjutkan.
  • Langkah berikutnya adalah memperhalus tepian gambar dengan cermat. Gunakan ikon kuas untuk menambah seleksi dan ikon penghapus untuk menghapus seleksi yang tidak diinginkan.
  • Pengguna juga dapat menggunakan ikon mata untuk melihat pratinjau hasil akhir. Jika sudah memuaskan, klik Simpan.
  • Terakhir, tambahkan sentuhan akhir agar gambar terlihat lebih natural. Sesuaikan kontras dengan mengklik Sesuaikan untuk menyelaraskan warna gambar dengan latar belakang baru.
  • Jika semuanya telah sesuai, simpan hasil editan pengguna dengan menekan ikon panah di sudut atas.
  • Pilih opsi Simpan ke Galeri untuk menyimpannya.
  • Selesai.

Sebenarnya metode ini juga berlaku untuk keperluan foto resmi semacam KTP, ijazah, foto pernikahan, dan sebagainya. Cukup dengan mengubah warna latar belakang menjadi merah atau biru, kemudian tempelkan foto resmi yang pengguan miliki, selesai.

Tips Dalam Mengganti Background Foto

Sebelumnya telah dibahas cara mengubah latar belakang foto dengan aplikasi Piscart. Namun, penting bagi pembaca untuk mengetahui tips agar kualitas foto yang akan mengalami perubahan latar belakang tetap terjaga. Berikut beberapa tipsnya:

  • Pastikan perbedaan warna antara objek dan latar belakang pada foto yang akan dihapus jelas. Ini akan memudahkan aplikasi dalam memilih objek dan latar belakang yang akan dihapus.
  • Pastikan objek foto memiliki kontras yang mencukupi agar setelah latar belakang dihapus, objek tetap terlihat jelas.
  • Disarankan untuk menggunakan fitur hapus latar belakang secara manual yang tersedia di Piscart. Meskipun sedikit rumit, namun hasilnya akan lebih baik.

Demikianlah cara mengganti background foto di picsart. Silakan ikuti langkah-langkah di atas dengan teliti dan benar. Manfaatkan metode ini untuk membuat latar belakang foto pengguna terlihat lebih menarik.