Cara Menggunakan Printer Bluetooth dari PC dan dari HP

Saat ini, tersedia beragam jenis printer dengan fitur-fitur canggih yang inovatif. Salah satunya adalah printer bluetooth, yang memungkinkan pengguna untuk mencetak tanpa perlu menggunakan kabel. Cara menggunakan printer bluetooth pun tergolong simpel dan sangat nyaman.

Tidak hanya itu, printer bluetooth ini mendukung penggunaan baik dari komputer maupun ponsel. Namun, kedua perangkat ini memiliki panduan penggunaan yang berbeda. Jika ingin mempelajari cara penggunaannya secara rinci, mari kita bahas detailnya satu per satu.

Cara Menggunakan Printer Bluetooth Dari PC

Pertama, kita akan membahas cara penggunaan printer bluetooth dengan komputer. Banyak toko ritel menggunakan pengaturan ini karena prosesnya yang sederhana dan memberikan hasil cetak yang berkualitas.

Proses penggunaannya memang memerlukan perhatian terhadap detail yang cukup banyak. Ada beberapa langkah yang harus diatur dengan teliti untuk menghubungkan komputer dan printer bluetooth secara optimal.

Untuk pemahaman yang lebih mendalam, mari simak penjelasannya secara detail berikut di bawah ini selanjutnya.

  • Langkah pertama adalah menginstal driver printer bluetooth di komputer yang akan digunakan. Biasanya, driver ini tersedia dalam paket pembelian printer atau dapat dicari secara online jika tidak tersedia.
  • Setelah driver terpasang, aktifkan printer bluetooth dengan menekan tombol Power. Di komputer, buka Control Panel dan pilih Device and Printer.
  • Klik Add Printer dan pilih opsi Add Network, Wireless or Bluetooth Printer. Komputer akan mencari printer bluetooth dalam jaringan.
  • Setelah printer terdeteksi, pilih nama printer bluetooth yang sesuai dan tunggu sampai proses koneksi selesai.
  • Setelah terhubung, printer bluetooth siap digunakan. Selanjutnya, lakukan pengecekan untuk memastikan hasil cetakannya.

Untuk menghubungkan PC dengan printer bluetooth, dibutuhkan driver agar keduanya bisa terhubung. Keduanya tidak akan terkoneksi jika driver-nya tidak ada atau rusak, jadi pastikan untuk memeriksanya sebelum menggunakannya.

Salah satu keunggulan menggunakan PC dengan printer bluetooth adalah proses penyambungannya yang efisien. Setelah dihubungkan sekali, keduanya akan tetap terkoneksi tanpa perlu mengulang proses penghubungan.

Cara Penggunaan Printer Bluetooth dari HP

Penggunaan printer bluetooth di HP jauh lebih praktis dibandingkan dengan di PC karena tidak memerlukan pemasangan driver tambahan. Sistem HP dilengkapi dengan layanan penyambungan otomatis dengan perangkat bluetooth, sehingga mempermudah penggunaan secara signifikan.

Saat ini, banyak toko yang menggunakan HP dan printer bluetooth bersama-sama. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara menggunakan printer bluetooth dari HP dengan baik. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  • Pertama, tekan tombol Power pada printer bluetooth untuk menghidupkannya.
  • Aktifkan bluetooth pada HP yang digunakan.
  • Tunggu beberapa saat hingga HP mendeteksi jaringan bluetooth dari printer.
  • Setelah jaringan terdeteksi, pilih nama printer bluetooth pada daftar sambungan HP.
  • Tekan tombol Connect untuk memulai proses penyambungan.
  • Jika diminta untuk memasukkan sandi atau PIN, sesuaikan dengan informasi yang tertera di buku panduan. Jika tidak ada informasi tersebut di buku panduan, carilah di browser segera.
  • Pengguna akan menerima notifikasi ketika proses penyambungan berhasil. Selanjutnya, Anda bisa langsung mencoba menggunakan printer bluetooth untuk mencetak.

Walaupun HP lebih sederhana dalam penggunaannya, sambungan antara HP dan printer bluetooth cenderung mudah terputus. Oleh karena itu, ada kemungkinan besar bahwa pengguna perlu melakukan proses penyambungan ulang, yang dapat menjadi lebih merepotkan.

Demikianlah penjelasan cara menggunakan printer bluetooth baik dari PC maupun dari HP. Keduanya memang ada plus minus masing-masing. Meski begitu minusnya bisa dibilang tidak terlalu bermasalah.