Cara Melihat Password Wifi di Google Chrome dan Cara Menyimpannya

Google Chrome adalah browser andal yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk memeriksa kata sandi WiFi. Cara melihat password WiFi di Google Chrome ini berlaku khusus untuk WiFi yang sebelumnya sudah pernah terhubung dengan perangkat.

Tidak semua jaringan WiFi yang tersedia di sekitar pengguna dapat diakses dengan cara ini, hanya yang sebelumnya pernah terhubung saja. Pengguna dapat menggunakan baik smartphone maupun laptop untuk melakukan hal tersebut.

Cara Melihat Password WiFi di Google Chrome

Untuk dapat melihat password WiFi, diperlukan situs atau perangkat tambahan yang mendukung. Jika tidak ada perangkat yang sesuai, pengguna dapat memilih untuk menggunakan opsi yang menggunakan situs sebagai alternatif.

1. Melalui Situs Zxing.org

Untuk melihat password WiFi di Google Chrome, pengguna dapat menggunakan situs zxing.org. Situs ini berfungsi untuk mengonversi kode QR yang diperoleh dari pengaturan WiFi menjadi informasi yang dibutuhkan. Untuk rincian caranya dapat mengikuti step by step berikut di bawah ini:

  • Buka Pengaturan WiFi pada perangkat yang digunakan dan pilih opsi Kode QR.
  • Layar akan menampilkan Kode QR WiFi, ambil tangkapan layar dari tampilan ini.
  • Untuk memudahkan identifikasi, potong tangkapan layar agar hanya menampilkan kode QR.
  • Selanjutnya, buka Google Chrome dan ketikkan zxing.org di bilah alamat.
  • Pada halaman situs, pilih opsi Pilih File dan unggah tangkapan layar yang telah dipotong tadi.
  • Geser layar ke arah kiri untuk memproses, lalu tekan Kirim dan tunggu hingga nama dan password WiFi muncul.

2. Mengakses 192.168.1.1

Dalam cara kedua ini, akan membahas bagaimana melihat password wifi di Google Chrome jika modem atau router yang digunakan adalah ZTE. Biasanya router ZTE banyak digunakan oleh para penyedia jaringan internet WiFi.

Disini nantinya tetap akan mengakses situs yakni 192.168.1.1. Adapun untuk rincian langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Chrome dan ketikkan tepat angka dan titik, yaitu 192.168.1.1 di kotak alamat browser.
  • Tekan tombol Enter untuk mengakses, kemudian masukkan nama pengguna dan password Anda, lalu klik login.
  • Setelah berhasil masuk, cari dan klik opsi Network untuk menampilkan pengaturan WiFi.
  • Pilih opsi Security dan centang kotak WPA Passphrase.
  • Tunggu beberapa saat hingga password WiFi yang diinginkan muncul.

Pengguna juga dapat menggunakan modem lain seperti TP-Link untuk mengakses password WiFi. Langkah pertamanya serupa dengan yang sebelumnya. Setelah berhasil login, pengguna perlu menavigasi ke opsi Interface Setup, kemudian Wireless, di mana password akan terlihat pada bagian Pre-Shared Key.

Cara Menyimpan Password di Google Chrome

Setelah menemukan password yang terlupakan, disarankan untuk mencatatnya agar kejadian tersebut tidak terulang. Mencatat secara manual pada kertas atau menggunakan catatan elektronik di perangkat mungkin kurang efisien.

Mencatat di kertas rentan hilang, sedangkan catatan elektronik bisa sulit ditemukan jika penempatannya terlupa. Oleh karena itu, alternatif terbaik adalah menyimpan password langsung menggunakan fitur khusus yang disediakan oleh Google Chrome.

Fitur ini memungkinkan browser untuk menyimpan banyak akun beserta password yang digunakan pengguna untuk login ke berbagai situs.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi khawatir tentang mengingat atau mencari catatan login ke mana pun. Adapun untuk langkah cara menyimpan password di Google Chrome adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Chrome dan buka menu yang terletak di pojok kanan atas layar.
  • Pilih opsi Settings dari menu yang muncul.
  • Di halaman Settings, cari dan ketuk opsi Autofill, kemudian pilih Password.
  • Aktifkan toggle yang bertuliskan Offer to save passwords. Ini akan membuat Chrome menawarkan untuk menyimpan password saat Anda login.
  • Setujui tawaran tersebut dengan menekan tombol Yes atau Setuju saat muncul konfirmasi.

Demikian penjelasan cara melihat password WiFi di Google Chrome serta cara menyimpannya. Silahkan terapkan cara tersebut dan juga bisa untuk menyimpannya agar nantinya tidak perlu memasukkan password lagi saat akan connect dengan jaringan WiFi tersebut.