4 Cara Meringkas Video di Youtube Menjadi Teks dengan Aplikasi dan Situs

YouTube merupakan salah satu platform video terbesar di dunia, yang menawarkan berbagai konten video. Terkadang, kualitas suara dalam video tidak begitu jelas, sehingga memerlukan teks subtitle untuk memahami isinya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan cara meringkas video di youtube menjadi teks.

Meski begitu, banyak orang masih menggunakan metode manual untuk meringkas video YouTube. Sayangnya, cara ini tidak hanya memakan waktu lama, tetapi juga tidak selalu menjamin hasil yang akurat. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut, maka bisa simak selengkapnya dibawah ini:

1. Menggunakan Google Docs

Cara meringkas video di youtube menjadi teks yang pertama yaitu dengan menggunakan google docs. Google Docs memiliki beragam fitur yang sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuan untuk meringkas video YouTube menjadi teks. Fitur ini dimungkinkan berkat adanya Voice Typing. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk meringkas video YouTube menjadi teks menggunakan Google Docs:

  • Pertama-tama, ubah pengaturan perekaman di laptop pengguna. Cara terbaik adalah dengan membuka Control Panel, lalu pilih Perangkat Keras dan Suara.
  • Setelah itu, pilih Suara dan jendela baru akan muncul. Di sana, pilih tab Perekaman.
  • Klik Stereo Mix yang berada di sisi kanan dan pilih Set as Default Device.
  • Selanjutnya, buka Google Docs, pilih tab Tools di bagian atas, dan pilih Voice Input. Putar video YouTube yang ingin pengguna ringkas.
  • Aktifkan perekaman di Google Docs dengan mengklik ikon mikrofon. Pastikan untuk menyesuaikan bahasa dengan bahasa yang digunakan dalam video.

Dengan fitur Voice Typing ini, pengguna dapat secara otomatis mengubah audio dari video
YouTube menjadi teks. Fitur ini bekerja dengan cara mengubah suara yang didengar menjadi teks atau tulisan secara langsung.

2. Menggunakan Athagio

Pengguna juga bisa menggunakan situs web untuk meringkas video YouTube menjadi teks. Salah satu situs yang dapat digunakan adalah Athagio. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk meringkas video YouTube menjadi teks menggunakan Athagio:

  • Buka YouTube dan salin URL video yang ingin pengguna ringkas menjadi teks.
  • Buka situs web anthiago.com.
  • Di bagian Desgrabador, pilih Bahasa Indonesia. Tempelkan URL video YouTube yang telah pengguna salin ke kolom yang disediakan.
  • Klik tombol Transkrip. Selanjutnya, akan muncul ringkasan otomatis video YouTube berupa teks dari subtitle.
    Terakhir, pengguna dapat mengedit dan merapikan hasil ringkasan teks menggunakan software apapun, seperti Microsoft Word.

Dengan cara ini, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan teks ringkasan dari video YouTube yang diinginkan.

3. Menggunakan YouTube Summarizer

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk mengubah video YouTube menjadi teks adalah dengan YouTube Summarizer. Cara kerjanya mirip dengan metode sebelumnya, di mana pengguna cukup menyalin tautan URL video YouTube yang ingin diringkas menjadi teks. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs youtubesummarizer.com.
  • Masukkan link URL video YouTube yang ingin diringkas. Sesuaikan panjang ringkasan yang diinginkan, mulai dari 10 persen hingga 90 persen dari durasi video.
  • Klik tombol Summarize untuk secara otomatis meringkas video YouTube tersebut.

4. Menggunakan Website Downsub

Alternatif lain yang bisa digunakan adalah website Downsub. Website ini membantu pengguna meringkas video YouTube menjadi teks. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs downsub.com menggunakan browser di HP atau PC.
  • Masukkan link video YouTube pada kolom yang tersedia, kemudian pilih Download.
  • Unduh transkrip teks dalam berbagai format seperti .srt atau .txt. Selain itu, pengguna juga bisa mengunduh terjemahan dalam berbagai bahasa.

Itulah beberapa cara meringkas video di youtube menjadi teks. Sangat mudah, bukan? Dengan cara ini, pengguna tidak perlu lagi melakukan ringkasan secara manual.