6 Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah Kiri Ataupun Kanan Tanpa Bongkar

Penggunaan headset Bluetooth kini telah menjadi hal yang biasa di kalangan pengguna smartphone. Namun tentunya sebagai alat bantu, ada kalanya headset bluetooth mengalami masalah. Salah satunya mati sebelah kiri ataupun kanan. Namun tentunya ada cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah kiri ataupun kanan.

Ketika headset bluetooth mati sebelah kiri ataupun kanan, jangan buru-buru berpikir untuk membongkarnya. Jika terburu-buru dalam membongkar headset Bluetooth, risiko merusaknya meningkat.

Tanpa pemahaman yang mendalam tentang cara membongkarnya, komponen bisa terlepas atau terpasang salah, yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen. Berikut cara  memperbaiki headset bluetooth mati sebelah kiri ataupun kanan yang dapat dicoba dipraktekkan:

1. Matikan Kemudian Lakukan Penyambungan Ulang

Cobalah melakukan pairing ulang dengan perangkat yang pernah terhubung sebelumnya jika headset mengalami masalah mati sebelah.

Dengan begitu, koneksi akan dikembalikan ke pengaturan awal. Namun jika ini adalah headset baru yang pertama kali dibeli, disarankan untuk mengonsultasikan hal ini kepada penjual terlebih dahulu.

2. Bersihkan Perangkat Headset

Cara yang kedua, pengguna dapat membersihkan headset yang mati tersebut. Periksalah apakah ada lubang headset yang tercemar debu atau kotoran telinga, yang dapat menyumbat fungsi headset tersebut.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya bersihkan headset menggunakan tisu atau alat pembersih khusus untuk menghilangkan kotoran tersebut.

3. Coba Headset dengan Perangkat Lain

Mencoba di perangkat lain juga dapat menjadi salah satu cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah kiri ataupun kanan. Tujuannya adalah untuk menentukan lokasi kesalahan, apakah terjadi pada headset atau perangkat yang terhubung.

Jika sudah dicoba di perangkat lain dan headset tersebut nyala kedua-duanya dan berfungsi normal, hal tersebut menandakan bahwa masalah terletak pada bagian headset tersebut.

4. Coba Charge Headset

Untuk memeriksa apakah baterai headset masih mencukupi, coba charge headset tersebut. Melakukan ini dapat membantu mengatasi masalah ketika headset tidak mau terhubung karena kehabisan daya baterai.

Pengguna dapat mengisi daya selama 4 – 5 jam untuk memastikan keadaannya kembali normal. Jika headset Bluetooth tidak dapat diisi daya di satu sisi, itu menunjukkan kemungkinan headset tersebut mengalami kerusakan.

5. Coba Gunakan Headset Lain

Jika pengguna hanya memiliki satu perangkat, tentu susah untuk mengecek headset bluetooth yang mati sebelah kiri maupun kanan tersebut dengan menggunakan perangkat lain.

Nah jika demikian, pengguna bisa coba gunakan earphone lainnya. Namun disini tetap pengguna harus mengusahakan adanya headset bluetooth lain. Alternatifnya jika tidak membeli, pengguna bisa meminjam headset bluetooth milik teman

Coba hubungkan headset bluetooth yang sudah dipinjam tadi. Jika headset bluetooth milik teman dapat berfungsi normal dan dapat menyala pada kedua sisi, maka masalahnya kemungkinan terletak pada headset Bluetooth yang pengguna miliki.

6. Cek Pengaturan Audio Pada Ponsel

Pada beberapa jenis ponsel, mungkin perlu dilakukan pengaturan audio khusus untuk menghubungkan headset Bluetooth. Oleh karena itu cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah kiri ataupun kanan juga bisa dengan mengecek pengaturan audio tersebut.

User dapat memeriksa hal ini di menu aplikasi musik di ponsel untuk melihat apakah ada pengaturan equalizer. Jika ada, pengguna dapat mengatur equalizer sesuai kebutuhan. Jika tidak, pengguna bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi musik alternatif.

Nah demikianlah penjelasan cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah kiri atapun kanan. Jadi jangan buru-buru dibongkar dan sebaiknya praktekkan dulu cara-cara yang sudah dijelaskan diatas.