Cara Cek Tagihan PDAM Online Serta Pengertian Dari PDAM itu Sendiri

Kemudahan dalam mengakses informasi tagihan PDAM kini semakin dapat dirasakan oleh masyarakat berkat adanya layanan online. Sehingga tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor PDAM atau menunggu petugas mencatat meteran. Karena sekarang pengguna bisa dengan mudah memeriksa tagihan PDAM secara online. Namun masih banyak yang belum paham mengenai cara cek tagihan PDAM online ini.

Cara cek tagihan PDAM online ini tentu sangat membantu, terutama bagi yang tidak sempat datang ke kantor ataupun yang jaraknya jauh dari kantor PDAM. Selain cepat dan praktis, layanan ini juga memudahkan untuk mengecek tagihan kapan saja dan di mana saja. Bagi yang penasaran maka simak selengkapnya dibawah ini:

Apa Itu PDAM ?

Saat ini, air PDAM dapat diakses oleh semua orang yang membutuhkannya, karena air bersih merupakan kebutuhan penting bagi setiap rumah. Dari keperluan memasak, mandi, mencuci, hingga kegiatan sehari-hari lainnya, semua memerlukan pasokan air yang memadai. PDAM, atau Perusahaan Daerah Air Minum, adalah lembaga yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat untuk menyediakan air bersih.

Bisnis distribusi air bersih ini biasanya hadir di setiap provinsi, kabupaten, atau kota di seluruh Indonesia. Selain PDAM, ada juga Perusahaan Air Minum (PAM) yang dikelola oleh pihak swasta, seperti Aetra, Tirta Muaro, atau Palyja. Di Indonesia, PDAM pertama kali didirikan pada tahun 1920-an oleh pemerintah kolonial Belanda. Sejak itu, penyediaan air bersih terus berkembang pesat dengan pengawasan kualitas air yang lebih ketat dan standar tertentu yang harus dipenuhi.

Cara Cek Tagihan PDAM Online

Setelah mengetahui apa itu PDAM, kini akan dibahas cara cek tagihan PDAM secara online. Meskipun tagihan bisa cek secara offline, namun kebanyakan orang ingin pembayaran lewat online saja. Bagaimana caranya ? Dibawah ini beberapa langkah langkahnya:

1. Cara Cek Tagihan Lewat Aplikasi PDAM

Cara cek tagihan PDAM online yang pertama bisa dilakukan melalui aplikasi dari PDAM itu sendiri. Untuk mengecek tagihan PDAM melalui HP, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi resmi PDAM. Tahukah pengguna? PDAM juga menyediakan aplikasi bernama PDAM Info yang dapat pengguna download di sini untuk perangkat Android.

Setelah aplikasi diunduh dan dipasang di HP, berikut langkah-langkah yang bisa pengguna ikuti untuk memeriksa tagihan PDAM melalui PDAM Info:

  • Buka aplikasi PDAM.
  • Masukkan nomor pelanggan PDAM yang ingin pengguna periksa tagihannya.
  • Masukkan tanggal tagihan.
  • Tekan tombol Cek.
  • Informasi tagihan PDAM pengguna akan tampil di layar.
  • Jika pengguna ingin menyimpan informasi tersebut, tekan tombol Simpan.
  • Tagihan PDAM pengguna akan tersimpan di aplikasi PDAM.

2. Cara Cek Tagihan Lewat Website PDAM

Cara kedua dengan website resmi PDAM. Memeriksa tagihan PDAM melalui website resmi PDAM juga sangat mudah. pengguna bisa mengakses situs PDAM di wilayahmu, yang dikelola secara regional.

Beberapa contoh situs resmi PDAM yang dikelola secara regional antara lain PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, dan PDAM Tirta Mahakam Kota Samarinda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa tagihan PDAM melalui website resmi:

  • Buka situs PDAM wilayahmu. pengguna bisa mencarinya di Google menggunakan browser.
  • Setelah halaman situs terbuka, cari menu Cek Tagihan atau Informasi Tagihan.
  • Masukkan nomor pelanggan PDAM.
  • Masukkan tanggal tagihan.
  • Tekan tombol Cek.
  • Informasi tagihan PDAM pengguna akan ditampilkan di layar.

3. Cara Cek Tagihan PDAM Lewat Indomaret

Selain mengecek tagihan PDAM lewat HP, pengguna juga bisa melakukan pengecekan dan pembayaran secara offline. Salah satu cara yang lebih fleksibel dibandingkan datang ke kantor PDAM adalah dengan mendatangi Indomaret terdekat. Berikut langkah-langkah yang bisa pengguna ikuti:

  • Beritahu kasir Indomaret bahwa pengguna ingin mengecek tagihan PDAM.
  • Tunjukkan kartu PDAM atau sebutkan nomor ID Pelanggan PDAM.
  • Tunggu beberapa saat hingga kasir memproses data.
  • Kasir akan memberikan informasi mengenai tagihan PDAM pengguna.
  • Pengguna juga bisa langsung membayar tagihan PDAM tersebut di kasir.

Demikianlah penjelasan mengenai cara cek tagihan PDAM online. Pada penjelasan di atas tadi terdapat pengertian dari PDAM serta langkah langkah dalam pembayaran secara online. Selain itu pada penjelasan di atas juga sudah disebutkan terdapat tiga cara dalam melakukan pembayaran tagihan secara online.

Tinggalkan komentar